EXTERNAL BANCHMARKING SPMI STIE EKA PRASETYA KE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Pada hari ini (Rabu, 29/08/2022) Tim Satuan Penjaminan Mutu Internal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya (SPMI STIE Eka Prasetya) melakukan kunjungan ke Badan Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (BPM UMSU). Tujuan kunjungan tersebut untuk melakukan benchmarking tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Tim STIE Eka Prasetya yang hadir pada kesempatan tersebut antara lain Ketua STIE Eka Prasetya Dr. Sri Rezeki, SE.,M.Si, Wakil Ketua I Hommy D.E Sinaga, ST.,MM, Ketua SPMI STIE Eka Prasetya Dedi Irawan, Sek. SPMI STIE Eka Prasetya Audra Nailufar, Ketua LPPM STIE Eka Prasetya Muammar Rinaldi, S.Pd., M.Si, dan beberapa perwakilan dosen Dra. Pesta Gultom, MM, dan Desma Erica Maryati M, S.Pd.,M.Si.  Sementara dari pihak BPM UMSU, dihadiri oleh Ketua BPM UMSU Dr. Yan Hendra, M.Si, Bidang Penjaminan Mutu Dedi Amrizal, S.Sos.,M.Si, Bidang Monev dan Audit Internal Rini Astuti, SE.,MM dan Rahmad Syukur Siregar, S.P.,M.P, dan Bidang Penjaminan Mutu Eksternal Mariati, S.Pd.,M.Ak.

Acara dibuka dengan pemberian sambutan Ketua BPM UMSU kepada rombongan tim benchmarking dan selanjutnya sambutan Ketua STIE Eka Prasetya. Ketua STIE Eka Prasetya disini menyampaikan maksd tujuan dari kegiatan benchmarking ini diharapkan untuk dapat meningkatkan wawasan para tim terkait sistem penjaminan mutu internal dalam rangka peningkatan mutu institusi dan persiapan Akreditasi Institusi STIE Eka Prasetya.

Pada kesempatan tersebut, didapatkan beberapa masukan-masukan dari tim BPM UMSU kepada STIE Eka Prasetya, diantara lainnya, “ketersediaan auditor dalam melaksnakan AMI sebaiknya dilakukan menyesuaikan dengan kebutuhan jumlah unit kerja yang ada di STIE Eka Prasetya, agar kegiatan AMI dapat berjalan kondusif dan terstruktur. Selain itu tim BPM UMSU juga menyampaikan bahwa di dalam laporan AMI setiap tahunnya harus dapat memuat Teori Kaizen yaitu Teori Keberlanjutan. Dimana disetiap laporan AMI memperlihatkan atau menunjukkan adanya perkembangan/kemajuan dari masing-masing standar yang di capai. Selain itu, untuk dapat mempermudah proses AMI, tim BPM UMSU juga memberikan saran kepada SPMI STIE Eka Prasetya untuk dapat membangun Sistem Informasi Manajemen khusus untuk Pelaporan SPMI.”

Benchmarking tersebut kemudian ditutup dengan ramah tamah dan berfoto bersama. Diharapkan kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan hubungan kerjasama dapat diteruskan ke bidang lainnya seperti dalam hal pengembangan joint research.