Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya (STIE Eka Prasetya) melakukan Benchmarking ke Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya (STIE Eka Prasetya) melakukan International Visit dengan agenda “ Benchmarking on Quality Assurance Performance in the Faculty Business and Management at Bisnis UiTM” di Gedung Rapat Lantai 2 Universiti Teknologi Mara (UiTM) pada Kamis, (22/12/2022) lalu.

Benchmarking di ikuti Ketua STIE Eka Prasetya, Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si, Ketua Divisi Bagian Kerjasama, M. Ali Akbar, SE., MM, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Muammar Rinaldi, M.Si, beserta Dosen dan Civitas Akademika STIE Eka Prasetya, Dr. Sri Rezeki, SE., M.Si menjelaskan beberapa hasil yang di dapat dari Benchmarking yang di lakukan di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia antara lain :

  1. Kualitas mutu Perguruan tinggi di Malaysia berpusat pada kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk menyediakan kepercayaan pemangku kepentingan terhadap penataan kelembagaan untuk menghasilkan lulusan, penelitian dan layanan.
  2. berbeda dengan sistem akreditasi di Indonesia yang SPME (Sistem penjamin mutu eksternal) yang dilakukan dalam satu badan yang kita sebut dengan Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), sedangkan di Malaysia ada beberapa badan dan penilaian yang atara lain adalah COPIA, COPPA, ISO 9001, badan professional dan badan peringkat yang di mana UiTM memiliki Lembaga/unit yang di sebut dengan Institute of Quality and Knowledge Advancement (InQKA) yang berfungsi melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan kemudian ada juga pihak eksternal RC (Responsibility Center) untuk memeriksa sistem manajemen mutu yang digunakan untuk memenuhi semua persyaratan COPIA, COPPA, ISO 9001, badan professional dan badan peringkat.
  3. Menindaklanjuti rencana penandatanganan kerjasama MoU STIE Eka Prasetya dengan UiTM. Maka dalam Intenational Visit ini STIE Eka Prasetya ,dalam pertemuan ini kedua belah pihak sepakat untuk melakukan  beberapa rencana kerjasama dalam rangka mengapliikasikan Program Studi berstandar Internasional yang merupakan capaian IKU kedelapan dalam program MBKM dan program pertukaran mahasiswa (Student Exchange) serta akan melakukan Visiting Lecturer  kedepannya.

Dalam kesempatan ini juga, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIE Eka Prasetya, Muammar Rinaldi, M.Si menambahkan “Kujungan ini harapannya akan melahirkan banyak kerjasama, antara lain research colaboration atau kolaborasi penelitian, dan menyelenggarakan seminar internasional seperti yang telah dilaksanakan STIE Eka Prasetya dengan UiTM yang melibatkan UiTM sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut pada tanggal 28 Oktober 2022 lalu” hal-hal tersebut disampaikan beliau langsung di depan Dekan Fakultas Bisnis dan Manajemen UiTM, Assoc. Prof. Amirul Afif Muhamat, Ph.D. Pertemuan ini diakhiri dengan pengenalan kampus UiTM beserta dengan pemaparan keunggulan dari Fakultas Bisnis dan manajemen UiTM serta pemberian cendera mata dari UiTM kepada STIE Eka Prasetya.